Model Evaluasi/Ujian Peserta Diklat
—
Tuesday, February 9, 2016
—
Add Comment
—
Evaluasi
Model Evaluasi/Ujian Peserta Diklat
1. Ujian Tertulis Per Mata Pelajaran/Diklat
Ujian Tertulis Per Mata Pelajaran adalah ujian yang digunakan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta dalam melakukan suatu kegiatan pembelajaran di kelas. Bentuk Naskah Soal Ujian Tertulis:
a. Pilihan Ganda
b. Pilihan Ganda Asosiasi
c. Benar-Salah
d. Uraian/essay/studi kasus
2. Ujian Lisan
Ujian lisan adalah ujian yang dilakukan dalam komunikasi langsung antara pengajar dan peserta. Pengajar atau Penguji mengajukan soal secara lisan dan peserta harus menjawab secara lisan.
3. Ujian Praktik
Ujian praktik adalah ujian yang digunakan untuk mengukur keterampilan peserta dalam melakukan suatu kegiatan pembelajaran di kelas.
4. Ujian Komprehensif
Ujian Komprehensif adalah ujian akhir yang harus ditempuh oleh peserta diklat untuk mengetahui tingkat penguasaan materi secara keseluruhan. Materi Ujian Komprehensif bisa terdiri semua mata pelajaran atau bisa terdiri dari beberapa mata pelajaran pokok saja sesuai dengan standar kompetensi atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
5. Pre Test dan Post Test
a. Pre-Test
Pre test dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan peserta diklat dan untuk menguji tingkatan pengetahuan peserta diklat terhadap materi yang akan disampaikan. Pre test juga dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan awal peserta diklat terkait materi yang akan disampaikan. Dengan mengetahui kemampuan awal peserta diklat ini, pengajar akan dapat menentukan metode penyampaian materi diklat yang akan disampaikan. Sehingga hasil dari pre test ini wajib disampaikan kepada semua pengajar. Kegiatan pre-test ini diselenggarakan pada awal diklat sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas.
b. Post-Test
Post test dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan yang dicapai peserta diklat setelah berakhirnya penyampaian pelajaran. Hasil post test ini dibandingkan dengan hasil pre-test yang telah dilakukan sehingga akan diketahui seberapa jauh pengaruh dari pengajaran yang telah dilakukan, selain itu juga dapat diketahui bagian mana dari pengajaran yang masih belum diterima oleh sebagian besar peserta diklat. Sehingga hasil perbandingan dari pre test dan post-test ini wajib disampaikan kepada unit pengguna. Kegiatan post-test ini dilaksanakan pada akhir diklat setelah kegiatan pengajaran di kelas.
1. Ujian Tertulis Per Mata Pelajaran/Diklat
Ujian Tertulis Per Mata Pelajaran adalah ujian yang digunakan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta dalam melakukan suatu kegiatan pembelajaran di kelas. Bentuk Naskah Soal Ujian Tertulis:
a. Pilihan Ganda
b. Pilihan Ganda Asosiasi
c. Benar-Salah
d. Uraian/essay/studi kasus
2. Ujian Lisan
Ujian lisan adalah ujian yang dilakukan dalam komunikasi langsung antara pengajar dan peserta. Pengajar atau Penguji mengajukan soal secara lisan dan peserta harus menjawab secara lisan.
3. Ujian Praktik
Ujian praktik adalah ujian yang digunakan untuk mengukur keterampilan peserta dalam melakukan suatu kegiatan pembelajaran di kelas.
4. Ujian Komprehensif
Ujian Komprehensif adalah ujian akhir yang harus ditempuh oleh peserta diklat untuk mengetahui tingkat penguasaan materi secara keseluruhan. Materi Ujian Komprehensif bisa terdiri semua mata pelajaran atau bisa terdiri dari beberapa mata pelajaran pokok saja sesuai dengan standar kompetensi atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
5. Pre Test dan Post Test
a. Pre-Test
Pre test dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan peserta diklat dan untuk menguji tingkatan pengetahuan peserta diklat terhadap materi yang akan disampaikan. Pre test juga dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan awal peserta diklat terkait materi yang akan disampaikan. Dengan mengetahui kemampuan awal peserta diklat ini, pengajar akan dapat menentukan metode penyampaian materi diklat yang akan disampaikan. Sehingga hasil dari pre test ini wajib disampaikan kepada semua pengajar. Kegiatan pre-test ini diselenggarakan pada awal diklat sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas.
b. Post-Test
Post test dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan yang dicapai peserta diklat setelah berakhirnya penyampaian pelajaran. Hasil post test ini dibandingkan dengan hasil pre-test yang telah dilakukan sehingga akan diketahui seberapa jauh pengaruh dari pengajaran yang telah dilakukan, selain itu juga dapat diketahui bagian mana dari pengajaran yang masih belum diterima oleh sebagian besar peserta diklat. Sehingga hasil perbandingan dari pre test dan post-test ini wajib disampaikan kepada unit pengguna. Kegiatan post-test ini dilaksanakan pada akhir diklat setelah kegiatan pengajaran di kelas.
0 Response to "Model Evaluasi/Ujian Peserta Diklat"