Bloom:Cognitive/Pengetahuan/Knowledge
—
Thursday, February 4, 2016
—
Add Comment
—
taksonomi
Bloom:Cognitive/Pengetahuan/Knowledge
Cognitive Domain (Ranah Kognitif) – Pengetahuan (Knowledge) dilambangkan “C”
Lambang = C1
Tingkatan = Mengingat
Kategori =
Mengetahui
Contoh: Definisi, Pengertian, Istilah, Fakta, Aturan, Urutan, Metode
SubKategori (Kata Kerja Operasional) =
Lambang = C2
Tingkatan = Memahami
Kategori =
Lambang = C3
Tingkatan = Menerapkan
Kategori =
Lambang = C4
Tingkatan = Menganalisis
Kategori =
Lambang = C5
Tingkatan = Mengevaluasi
Kategori =
Lambang = C6
Tingkatan = Menciptakan
Kategori =
Psychomotor Domain (Ranah Psikomotorik) – Keterampilan (Skill) dilambangkan "S"
Affective Domain (Ranah Afektif) – Sikap (Attitude) dilambangkan "A"
Cognitive Domain (Ranah Kognitif) – Pengetahuan (Knowledge) dilambangkan “C”
Lambang = C1
Tingkatan = Mengingat
Kategori =
Mengetahui
Contoh: Definisi, Pengertian, Istilah, Fakta, Aturan, Urutan, Metode
SubKategori (Kata Kerja Operasional) =
- Mengingat
- Menyebutkan
- Memberi nama pada
- Menyusun daftar
- Menggaris bawahi
- Menjodohkan
- Memilih
- Memberikan definisi
- Mengidentifikasi
Lambang = C2
Tingkatan = Memahami
Kategori =
- Mengetahui
- Menerjemahkan
- Menafsirkan
- Memperkirakan
- Menentukan, contoh: metode, prosedur
- Memahami, contoh: konsep, kaidah, prinsip, kaitan antara, fakta, isi pokok
- Mengartikan/Menginteprestasikan, contoh: tabel, grafik, bagan
- Memahami
- Menjelaskan
- Menguraikan
- Merumuskan
- Merangkum
- Mengubah
- Memberikan contoh
- Menyadur
- Meramalkan
- Memperkirakan
- Menerangkan
Lambang = C3
Tingkatan = Menerapkan
Kategori =
- Memecahkan masalah
- Membuat bagan dan grafik
- Menggunakan, contoh: metode/prosedur, konsep, kaidah, prinsip
- Menerapkan
- Memperhitungkan
- Membuktikan
- Menghasilkan
- Menunjukkan
- Melengkapi
- Menyediakan
- Menyesuaikan
- Menemukan
Lambang = C4
Tingkatan = Menganalisis
Kategori =
- Mengenali kesalahan
- Membedakan, contoh: Fakta dari, interprestasi data dari, kesimpulan
- Menganalisis, contoh: struktur dasar, bagian-bagian, hubungan antara
- Menghasilkan, contoh: klasifikasi, karangan, kerangka teoritis
- Menyusun, contoh: rencana skema, program kerja
- Menganalisis
- Memisahkan
- Menerima
- Menyisihkan
- Menghubungkan
- Memilih
- Membandingkan
- Mempertentangkan
- Membagi
- Membuat diagram/skema
- Menunjukan hubungan antara
- Mengategorikan
- Mengombinasikan
- Mengarang
- Menciptakan
- Mendesain
- Mengatur
- Menyusun kembali
- Merangkaikan
- Menghubungkan
- Menyimpulkan
- Merancangkan
- Membuat pola
Lambang = C5
Tingkatan = Mengevaluasi
Kategori =
- Menilai berdasarkan norma internal, contoh: hasil karya seni, mutu karangan, mutu ceramah program penataran
- Menilai berdasarkan norma eksternal, contoh: hasil karya seni, mutu karangan, mutu pekerjaan, mutu ceramah program penataran
- Mempertimbangkan, contoh: baik-buruknya, pro-kontranya, untung-ruginya
- Mengevaluasi
- Memperhitungkan
- Membuktikan
- Menghasilkan
- Menunjukkan
- Melengkapi
- Menyediakan
- Menyesuaikan
- Menemukan
Lambang = C6
Tingkatan = Menciptakan
Kategori =
- Merumuskan
- Membuat gagasan sesuai dengan imajinasi
- Mencipta
- Memfasilitasi
- Membentuk
- Merumuskan
- Menggeneralisasi
- Menggabungkan
- Memadukan
- Membatas
- Mereparasi
- Menampilkan
- Menyiapkan
- Memproduksi
- Merangkum
- Merekonstruksi
- Membuat
Psychomotor Domain (Ranah Psikomotorik) – Keterampilan (Skill) dilambangkan "S"
Affective Domain (Ranah Afektif) – Sikap (Attitude) dilambangkan "A"
0 Response to "Bloom:Cognitive/Pengetahuan/Knowledge"