Iklan

Bloom:Cognitive/Pengetahuan/Knowledge

Bloom:Cognitive/Pengetahuan/Knowledge
Cognitive Domain (Ranah Kognitif) – Pengetahuan (Knowledge) dilambangkan “C”

Lambang = C1
Tingkatan = Mengingat
Kategori =

Mengetahui
Contoh: Definisi, Pengertian, Istilah, Fakta, Aturan, Urutan, Metode
SubKategori (Kata Kerja Operasional) =
  • Mengingat
  • Menyebutkan
  • Memberi nama pada
  • Menyusun daftar
  • Menggaris bawahi
  • Menjodohkan
  • Memilih
  • Memberikan definisi
  • Mengidentifikasi

Lambang = C2
Tingkatan = Memahami
Kategori =

  • Mengetahui
  • Menerjemahkan
  • Menafsirkan
  • Memperkirakan
  • Menentukan, contoh: metode, prosedur
  • Memahami, contoh: konsep, kaidah, prinsip, kaitan antara, fakta, isi pokok
  • Mengartikan/Menginteprestasikan, contoh: tabel, grafik, bagan
SubKategori (Kata Kerja Operasional) =
  • Memahami
  • Menjelaskan
  • Menguraikan
  • Merumuskan
  • Merangkum
  • Mengubah
  • Memberikan contoh
  • Menyadur
  • Meramalkan
  • Memperkirakan
  • Menerangkan

Lambang = C3
Tingkatan = Menerapkan
Kategori =

  • Memecahkan masalah
  • Membuat bagan dan grafik
  • Menggunakan, contoh: metode/prosedur, konsep, kaidah, prinsip
SubKategori (Kata Kerja Operasional) =
  • Menerapkan
  • Memperhitungkan
  • Membuktikan
  • Menghasilkan
  • Menunjukkan
  • Melengkapi
  • Menyediakan
  • Menyesuaikan
  • Menemukan

Lambang = C4
Tingkatan = Menganalisis
Kategori =

  • Mengenali kesalahan
  • Membedakan, contoh: Fakta dari, interprestasi data dari, kesimpulan
  • Menganalisis, contoh: struktur dasar, bagian-bagian, hubungan antara
  • Menghasilkan, contoh: klasifikasi, karangan, kerangka teoritis
  • Menyusun, contoh: rencana skema, program kerja
SubKategori (Kata Kerja Operasional) =
  • Menganalisis
  • Memisahkan
  • Menerima
  • Menyisihkan
  • Menghubungkan
  • Memilih
  • Membandingkan
  • Mempertentangkan
  • Membagi
  • Membuat diagram/skema
  • Menunjukan hubungan antara
  • Mengategorikan
  • Mengombinasikan
  • Mengarang
  • Menciptakan
  • Mendesain
  • Mengatur
  • Menyusun kembali
  • Merangkaikan
  • Menghubungkan
  • Menyimpulkan
  • Merancangkan
  • Membuat pola

Lambang = C5
Tingkatan = Mengevaluasi
Kategori =

  • Menilai berdasarkan norma internal, contoh: hasil karya seni, mutu karangan, mutu ceramah program penataran
  • Menilai berdasarkan norma eksternal, contoh: hasil karya seni, mutu karangan, mutu pekerjaan, mutu ceramah program penataran
  • Mempertimbangkan, contoh: baik-buruknya, pro-kontranya, untung-ruginya
SubKategori (Kata Kerja Operasional) =
  • Mengevaluasi
  • Memperhitungkan
  • Membuktikan
  • Menghasilkan
  • Menunjukkan
  • Melengkapi
  • Menyediakan
  • Menyesuaikan
  • Menemukan

Lambang = C6
Tingkatan = Menciptakan
Kategori =

  • Merumuskan
  • Membuat gagasan sesuai dengan imajinasi
SubKategori (Kata Kerja Operasional) =
  • Mencipta
  • Memfasilitasi
  • Membentuk
  • Merumuskan
  • Menggeneralisasi
  • Menggabungkan
  • Memadukan
  • Membatas
  • Mereparasi
  • Menampilkan
  • Menyiapkan
  • Memproduksi
  • Merangkum
  • Merekonstruksi
  • Membuat 
Taksonomi Bloom di Dunia Pendidikan

Psychomotor Domain (Ranah Psikomotorik) – Keterampilan (Skill) dilambangkan "S"

Affective Domain (Ranah Afektif) – Sikap (Attitude) dilambangkan "A"

0 Response to "Bloom:Cognitive/Pengetahuan/Knowledge"