Bloom:Psychomotor/Keterampilan/Skill
—
Thursday, February 4, 2016
—
Add Comment
—
taksonomi
Bloom:Psychomotor/Keterampilan/Skill
Psychomotor Domain (Ranah Psikomotorik) – Keterampilan (Skill) dilambangkan "S"
Lambang = P1
Tingkatan = Persepsi
Kategori =
Tingkatan = Kesiapan
Kategori =
Lambang = P3
Tingkatan = Gerakan Terbimbing
Kategori =
Lambang = P4
Tingkatan = Gerakan Terbiasa/mekanisme
Kategori =
Tingkatan = Gerakan kompleks
Kategori =
Tingkatan = Penyesuaian pola gerakan
Kategori =
Tingkatan = Kreativitas
Kategori =
Cognitive Domain (Ranah Kognitif) – Pengetahuan (Knowledge) dilambangkan "C"
Affective Domain (Ranah Afektif) – Sikap (Attitude) dilambangkan "A"
Psychomotor Domain (Ranah Psikomotorik) – Keterampilan (Skill) dilambangkan "S"
Lambang = P1
Tingkatan = Persepsi
Kategori =
- Menafsirkan rangsangan
- Peka terhadap rangsangan
- Mendiskrimininasikan
- Memilih
- Membedakan
- Mempersiapkan
- Menyisihkan
- Menunjukan
- Mengidentifikasikan
- Menghubungkan
Tingkatan = Kesiapan
Kategori =
- Berkonsentrasi
- Menyiapkan diri (fisik dan mental)
- Memulai
- Mengawali
- Bereaksi
- Mempersiapkan
- Memprakarsai
- Menanggapi
- Mempertunjukan
Lambang = P3
Tingkatan = Gerakan Terbimbing
Kategori =
- Meniru contoh
- Mempraktikkan
- Memainkan
- Mengikuti
- Mengerjakan
- Membuat
- Mencoba
- Memperlihatkan
- Memasang
- Membongkar
Lambang = P4
Tingkatan = Gerakan Terbiasa/mekanisme
Kategori =
- Berketerampilan
- Berpegang pada pola
- Mengoperasikan
- Membangun
- Memasang
- Membongkar
- Memperbaiki
- Melaksanakan
- Mengerjakan
- Menyusun
- Menggunakan
- Mengatur
- Mendemontrasikan
- Memainkan
- Menangani
Tingkatan = Gerakan kompleks
Kategori =
- Berketerampilan secara, contoh: lancar, luwes, supel, gesit, lincah
- Memilih
- Membedakan
- Mempersiapkan
- Menyisihkan
- Menunjukan
- Mengidentifikasikan
- Menghubungkan
Tingkatan = Penyesuaian pola gerakan
Kategori =
- Menyesuaikan diri
- Bervariasi
- Mengubah
- Mengadaptasikan
- Mengatur kembali
- Membuat variasi
Tingkatan = Kreativitas
Kategori =
- Menciptakan yang baru
- Berinisiatif
- Merancang
- Menyusun
- Menciptakan
- Mendesain
- Mengombinasikan
- Mengatur
- Merencanakan
Cognitive Domain (Ranah Kognitif) – Pengetahuan (Knowledge) dilambangkan "C"
Affective Domain (Ranah Afektif) – Sikap (Attitude) dilambangkan "A"
0 Response to "Bloom:Psychomotor/Keterampilan/Skill"